Dealer Resmi Mobil Daihatsu Pekanbaru

Fast Respon Hubungi/ Wa 085274924452

Tips Merawat Suspensi Mobil Dari Daihatsu Pekanbaru

Senin, Juni 22nd 2020.

Tips Merawat Suspensi Mobil Dari Daihatsu Pekanbaru

Tips Merawat Suspensi Mobil Dari Daihatsu Pekanbaru 1

Tips Merawat Suspensi Mobil Dari Daihatsu Pekanbaru

Daihatsu Pekanbaru – Salah satu komponen yang pastinya ada di dalam sebuah kendaraan yang mampu membuat si penumpangnya merasa nyaman selama berkendara adalah suspensi mobil. Tanpa komponen yang satu ini tentu saja getaran yang diterima oleh mobil sewaktu melaju dijalanan akan langsung terasa ke tubuh kita sehingga rasa nyaman dalam berkendara pun tidak akan Sahabat dapatkan.

Salah satu ukuran tingkat kenyamanan kendaraan, yaitu bisa dinilai dari bagus atau tidaknya sistem suspensi. Jika tidak berfungsi dengan baik, maka penumpang di dalam mobil tidak akan merasa nyaman.

Tanda – Tanda Kerusakan pada Suspensi Mobil

Tips Merawat Suspensi Mobil Dari Daihatsu Pekanbaru 2

Suara berdecit ketika melewati tanjakan atau polisi tidur

Pernahkah Sahabat sedang melewati polisi tidur di daerah rumahmu atau tanjakan yang tidak terlalu tinggi dan mendengar bunyi berdecit dari mobil yang kurang enak untuk didengar. Suara yang muncul tersebut juga disertai guncangan di mobil yang berlebih. Jika Sahabat merasakan hal tersebut di mobil Sahabat saat ini, bisa jadi suspensi mobil Sahabat perlu perhatian lebih. Sebab, bisa jadi bunyi dan guncangan yang terjadi di mobil Sahabat diakibatkan oleh rusaknya suspensi mobil yang sudah tidak bisa lagi meredam guncangan dengan baik.

Peredaman suspensi mobil rusak

Selain bunyi berdecit, mobil juga akan sulit untuk melakukan pengereman secara optimal jika suspensi mobil rusak. Keadaan tersebut diakibatkan oleh lemahnya proses peredam dan tekanan ban yang berkurang sehingga ketika Sahabat melakukan pengereman menjadi tidak stabil.

Gejala kerusakan suspensi mobil yang diakibatkan oleh tekanan ban akan berimbas pada suspensi dan mobil akan terasa limbung ketika sedang digunakan.

Selain itu, ban juga bisa dijadikan indikasi yang vital dalam mencari tahu kerusakan suspensi. Bila tekanan angin ban cepat habis dan permukaan ban tidak rata, seperti bergelombang akan membuat suspensi mobil Sahabat tidak seimbang.

Suspensi bocor

Hal yang paling mudah untuk melihat apakah suspensi mobil Sahabat rusak atau tidak adalah dengan mengidentifikasi adanya kebocoran pada suspensi atau tidak. Jika ditemukan suspensi dalam keadaan basah karena oli, itu bisa disebabkan oleh robeknya karet seal suspensi atau as shock yang tergores atau baret.

Tanda kerusakan suspensi mobil yang paling umum adalah dengan melakukan pengecekan oli suspensi yang rembes atau tidak. Jika oli rembes, maka bisa dikatakan kalau suspensi Sahabat perlu dilakukan perbaikan karena sil suspensi robek atau getas karena waktu.

Bodi mobil tidak stabil

Hal terakhir yang bisa Sahabat ketahui sehat atau tidaknya suspensi mobil Sahabat adalah dengan mendeteksi kondisi bodi. Sahabat bisa melihat rata atau tidaknya bodi mobil saat melewati tanjakan. Jika saat menanjak mobil terasa tidak stabil alias miring, itu bisa diakibatkan oleh rusaknya suspensi.

Selain itu, Sahabat bisa juga memastikannya dengan menekan kap bagasi. Bila saat ditekan mobil terasa mengayun-ayun, berarti ada yang tidak beres dengan suspensi Sahabat. Masalah yang terjadi tersebut bisa disebabkan oleh ketidakmampuannya suspensi dalam menahan beban yang ada di mobil. Sahabat juga harus memperhatikan jumlah muatan yang akan dibawa, jangan sampai terlalu banyak karena akan memperburuk kerusakan suspensi mobil dan membahayakan.

Tips Merawat Suspensi Mobil

Nah saking pentingnya komponen yang satu ini, Sahabatpun wajib melakukan perawatan agar nantinya suspensi mobil tidak gampang rusak, kalau rusak pastinya Sahabat sendiri bukan yang akan merasakan akibatnya ?. Merawat suspensi mobil ini sebenarnya sangat sederhana, namun tak banyak orang yang tahu, atau sudah tahu tapi lupa untuk menerapkannya sehingga kerusakan suspensi mobil akan lebih sering terjadi.

Bagi Sahabat yang belum tahu bagaimana cara merawat suspensi mobil, berikut Daihatsu Pekanbaru telah merangkumnya:

Membawa beban sesuai rekomendasi

Pada saat bepergian menggunakan Mobil sebaiknya memperhatikan barang bawaannya. Jangan sampai membawa beban berlebih, karena dari pihak pabrikan telah melakukan pengetesan dan mengukur seberapa berat barang yang mampu ditahan oleh kendaraan. Sobat bisa melihatnya di buku manual kendaraan mengenai beban maksimal yang dapat dibawa  kendaraan.

Apabila dipaksakan membawa beban yang berlebih, dapat berakibat suspensi yang mudah mengalami masalah kebocoran. Selain itu jika dilakukan terus menerus, maka keseimbangan menjadi berkurang dan beresiko oleng atau Mobil terbalik

Perlambat laju mobil ketika lewat jalanan kurang bagus

Cara sederhana untuk merawat suspensi mobil agar tidak gampang rusak selanjutnya adalah kurangi kecepatan mobil ketika melewati jalanan yang tidak bagus atau rintangan lain seperti ketika melewati banyak polisi tidur, melewati rel kereta api.

Jalan tidak rata dan berlubang adalah musuh utama bagi suspensi mobil. Jika Sahabat melewati jalan dengan kontur seperti itu usahakan untuk berjalan pelan agar tidak memberatkan kerja dari suspensi.

Dengan memperlambat laju mobil ketika melewati jalanan yang tidak bagus maka Sahabat sudah melakukan upaya untuk merawat suspensi mobil agar awet.

Atur tekanan udara ban sesuai kebutuhan

Selanjutnya agar suspensi mobil Sahabat menjadi lebih awet, selain memperhatikan seberapa berat muatan yang kita bawa, pastikan juga Sahabat mengatur atau menyesuaikan seberapa tinggi tekanan udara yang ada pada ban, ingat bahwa salah satu fungsi dari ban ialah sebagai peredam getaran yang diterima sewaktu kendaraan melaju di jalanan, sebelum nantinya getaran yang telah teredam ini dieruskan untuk diredam kembali dengan shock absorber.

Menggunakan tekanan udara pada ban yang kurang sesuai, selain dapat mempercepat proses kerusakan suspensi mobil, juga dapat menyebabkan kerusakan pada ban mobil itu sendiri, misalnya jika tekanan angin terlalu rendah akan membuat ban menjadi makan sisi luar sekaligus sisi dalam, bila tekanan pada angin ban terlalu keras bisa mengakibatkan ban menjadi mudah benjol saat menghantam lubang / gundukan di jalanan dan bahkan tekanan angin yang terlalu tinggi bisa mempercepat kerusakan shockbreaker.

Parkir di tempat yang rata

Jangan memarkirkan mobil pada jalan yang tidak rata. Sebab, hal tersebut akan membuat terjadinya penekanan ke salah satu suspensi sehingga akan mengakibatkan beban berlebih pada sisi suspensi tersebut. Jika hal tersebut sering terjadi bahkan untuk waktu yang lama makan akan merusak suspensi mobil Sahabat.

Segera perbaiki kerusakan kecil pada sistem suspensi

Dalam merawat suspensi Mobil juga harus memperhatikan kondisi di sekitar komponen sekecil apapun. Apabila ada yang rusak segera dilakukan pergantian supaya tidak menjalar ke bagian suspensi. Mengingat masalah kecil jika dibiarkan dapat melebar dan beresiko menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Jika ada salah satu komponen yang termasuk kedalam sistem suspensi mobil yang mengalami kerusakan, segera mungkin lakukan penggantian komponen tersebut agar nantinya tidak merembet dan merusak komponen lainnya.

Penutup

Jika dilihat dari beberapa poin di atas, sebenarnya dalam merawat suspensi Mobil cukup mudah. Kebanyakan hanya tertuju pada perilaku berkendara saja dan pengecekan serta perawatan. Hal ini juga berhubungan dengan melakukan servis rutin. Karena pada saat servis bagian suspensi Mobil juga bisa sekalian dicek sehingga kondisinya tetap baik dan mampu memberikan kenyamanan pada pengendara dan penumpangnya.

 

INFO TEST DRIVE DAN PEMESANAN

ANDRI HUTAURUK HP/WA 085274924452

 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Xenia Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Ayla Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Sigra Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Terios Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Sirion Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Luxio Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Grandmax MB Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Grandmax PU Pekanbaru

Promo Daihatsu Pekanbaru

Kredit Daihatsu Pekanbaru

Formulir Test Drive Daihatsu Pekanbaru

Event Daihatsu Nasional

Daihatsu Global

Mobil Terbaru

Related Article Tips Merawat Suspensi Mobil Dari Daihatsu Pekanbaru

Rabu 24 Juni 2020 | Tips

Tips Merawat Radiator Mobil dari Daihatsu Pekanbaru Mengenal Fungsi Radiator pada Mobil Daihatsu Pekanbaru – Radiator merupakan komponen di mobil, yang kini juga mulai diterapkan…

Rabu 10 Juni 2020 | Tips

Tips Merawat Mobil Bagi Pemula Dari Daihatsu Pekanbaru Tips Merawat Mobil Bagi Pemula Dari Daihatsu Pekanbaru Daihatsu Pekanbaru – Halo Sahabat Daihatsu, hal terpenting setelah…

Jumat 25 Juni 2021 | Tips

Tips Dasar Bagi Pemilik Mobil Baru Daihatsu Pekanbaru Tips Dasar Bagi Pemilik Mobil Baru Daihatsu Pekanbaru Daihatsu Pekanbaru – Halo Sahabat Daihatsu, sebagai pengendara mobil,…