Dealer Resmi Mobil Daihatsu Pekanbaru

Fast Respon Hubungi/ Wa 081266431513

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru

Senin, Juli 5th 2021.

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru - Rocky CVT 1

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru

Daihatsu Pekanbaru – Daihatsu Rocky bakal menjadi produk Daihatsu pertama yang dipasarkan di Tanah Air dengan transmisi CVT. Karena meski sebelumnya Copen sempat hadir, yang dipasarkan secara umum hanya transmisi manualnya saja.

Namun khusus bagi Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada November 2019 lalu, saat ini sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT yang dikembangkan bersama platform DNGA dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Mengenal Transmisi Dual Mode CVT yang digunakan Daihatsu Rocky

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru – Continuously Variable Transmission atau yang lebih dikenal dengan CVT, merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (A/T) konvensional.

CVT sendiri merupakan suatu sistem pemindahan daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk yang menghubungkan antara drive pulley dengan driven pulley dengan prinsip gaya gesek.

Pada sistem atau teknologi ini, tenaga dari mesin bisa disalurkan dengan sempurna ke roda belakang dengan menyesuakan perubahan kecepatan dan torsi kendaraan dengan rasio tepat. Maka, percepatan yang dihasilkan lebih konstan dan bebas hentakan. Inilah kelebihan utama pada CVT sehingga dalam perjalanan cukup jauh penumpang bakal merasa lebih nyaman, di samping bisa menghemat bahan bakar.

Namun khusus bagi Daihatsu Rocky, saat ini sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT yang dikembangkan bersama platform DNGA dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Melalui Dual Mode CVT pada Rocky, Daihatsu mengklaim telah mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi guna meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

 

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru

Tips Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru - Rocky CVT 2

Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru – Jika Sahabat khawatir kendaraan dengan transmisi CVT milik Sahabat cepat tumbang, rawat kendaraan dengan baik ya. Nah, bagaimana memang merawat kendaraan bertransmisi CVT supaya lebih panjang umur daripada biasanya?

Satu hal yang pasti adalah Sahabat harus memperhatikan semua aturan yang dituliskan oleh pabrik awal kendaraan, seperti misalnya rajin mengganti oli supaya mesin transmisi CVT tetap terjaga kualitasnya. Biasanya, penggantian oli pada transmisi CVT disarannya setiap kelipatan jarak tempuh mencapai 30.000 kilometer.

Namun, kelipatan jarak 30.000 tersebut tidak lagi berlaku jika Sahabat tingga di daerah yang cenderung selalu panas dan memiliki intensitas debu yang tinggi karena harus diganti olinya lebih cepat daripada seharusnya.

Tips Agar Umur Transmisi CVT Lebih Panjang

Supaya Sahabat lebih bisa menjaga kesehatan kantong dan tidak jarang melakukan servis untuk kendaraan bertransmisi CVT Sahabat, yuk simak tips berikut supaya transmisi CVT kendaraan kesayangan Sahabat berumur lebih panjang!

  1. Jangan pakai kendaraan untuk mengangkut beban berat yang seharusnya ditetapkan.
  2. Gunakan Oli Transmisi khusus Mobil Matic.
  3. Pahami Posisi Tuas Transmisi secara Tepat.
  4. Kendaraan dengan transmisi CVT memang didesain untuk melewati medan yang lurus dan lancar sehingga jangan terlalu sering membawa kendaraan untuk melewati area terjal dan menanjak.
  5. Lekas konsultasikan dengan bengkel resmi dan terpercaya jika ada masalah dengan transmisi supaya lekas ditangani dengan baik.
  6. Selalu pantau kondisi transmisi dan mesin kendaraan lainnya supaya tidak terjadi hal tidak diinginkan semakin memburuk.
  7. Ikuti saran perawatan yang sudah ditetapkan oleh pabrik.

Nah, itulah penjelasan mengenai umur transmisi CVT yang cenderung lebih pendek serta cara merawat dan tips khusus supaya kendaraan dengan transmisi CVT lebih panjang umur. Namun, yang perlu Sahabat ketahui dengan pasti memang transmisi satu ini lebih menguras kantong dibanding transmisi lainnya.

Hanya saja, semua hal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bukan? Nah, yuk, tergantung bagaimana bijaknya kita sebagai pengendaraan dan pemilik mobil!

 

INFO TEST DRIVE DAN PEMESANAN

J O S E P H  –  HP/WA 081266431513

 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Terios 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Ayla 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Sigra 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Xenia 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Sirion 

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Luxio Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Grandmax MB Pekanbaru

Harga dan Spesifikasi Daihatsu Grandmax PU Pekanbaru

Promo Daihatsu Pekanbaru

Kredit Daihatsu Pekanbaru

Formulir Test Drive Daihatsu Pekanbaru

Event Daihatsu Nasinal

Daihatsu Global

Mobil Terbaru

Related Article Mengenal dan Cara Merawat Transmisi CVT Daihatsu Pekanbaru

Jumat 25 Juni 2021 | Tips

Tips Menjaga Kebersihan New Normal dari Daihatsu Pekanbaru Tips Menjaga Kebersihan New Normal dari Daihatsu Pekanbaru Daihatsu Pekanbaru – Dengan pemberlakuan new normal saat pandemi corona…

Rabu 10 Juni 2020 | Tips

Tips Merawat Mobil Bagi Pemula Dari Daihatsu Pekanbaru Tips Merawat Mobil Bagi Pemula Dari Daihatsu Pekanbaru Daihatsu Pekanbaru – Halo Sahabat Daihatsu, hal terpenting setelah…

Jumat 25 Juni 2021 | Tips

Tips Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama Dari Daihatsu Pekanbaru Tips Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama Dari Daihatsu Pekanbaru Daihatsu Pekanbaru – Halo Sahabat…